TIMEOLOGY

Mengenal Jam Tangan Rolex

Tingginya valuasi harga jam tangan Rolex asli tentu tak terlepas dari sejarah jam tangan Rolex itu sendiri. Visioner Hans Wilsdorf adalah penemu jam tangan Rolex sejak tahun 1905. Hal ini bermula ketika Wilsdorf mendirikan perusahaan yang berspesialisasi pada alat penunjuk waktu sejak berusia 24 tahun. Hingga saat ini, Rolex telah mencetak sejarah dengan menampilkan jam tangan mewah yang memiliki nilai estetik dan kreativitas tangan penciptanya. Inilah yang membuat harga jam tangan Rolex original sangat stabil.

Dengan harga jam tangan Rolex asli yang stabil, Kamu bisa mengoleksi jam tangan Rolex dan juga menjadikannya sebagai investasi.

Apa Saja sih Keunggulan Jam Tangan Rolex?

Jika dibandingkan dengan brand jam tangan terkemuka yang fitur dan desainnya sangat menawan, dapat dikatakan bahwa jam tangan Rolex tetap menjadi brand jam tangan yang paling diminati. Tentu saja hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa alasan yang juga menyebabkan harga jam tangan Rolex original tetap stabil dan bertahan. Berikut keunggulan jam tangan Rolex yang mempengaruhi branding dan harganya yang diminati banyak orang:

1. Standarisasi dan Quality Control yang Tinggi

Image source: https://www.rolex.com/about-rolex-watches/a-legacy-of-excellence.html

Rolex mempunyai standarisasi produk yang tinggi dengan uji QC yang sangat ketat sehingga menghasilkan produk jam tangan yang berkualitas premium dengan jumlah yang tidak banyak tiap tahunnya. Selain itu, meskipun beberapa bagian jam menggunakan sistem produksi massal, tetapi dalam pemasangan tiap bagiannya tetap dilakukan dengan menggunakan tangan para pekerjanya secara manual yang membutuhkan ketelatenan tinggi. Mengingat proses pembuatan yang melewati serangkaian uji QC dengan tenaga profesional inilah, wajar rasanya jika Rolex memiliki value tersendiri yang berpengaruh pada stabilitas harga jam tangan Rolex asli. Bahkan kamu tak hanya bisa menjadikannya sebagai koleksi semata, melainkan juga produk investasi.

2. Rolex adalah Simbol Kemewahan

Salah satu keunggulan jam tangan Rolex sekaligus sebagai alasan kenapa harga jam tangan Rolex asli memiliki nilai tinggi adalah karena Rolex menawarkan desain yang begitu ikonik. Desain Rolex yang menawan tak terlepas dari sejarah kemewahannya, dengan karakter tersendiri dan berbeda dari jam tangan lainnya.

Kita mungkin sering menjumpai desain produk jam tangan yang berteknologi tinggi dan memiliki kesan urban. Tapi berbeda dengan Rolex, mereka bisa lebih menonjol jika dibandingkan jam tangan merk lainnya, mengingat desainnya yang sangat ikonik serta memiliki nilai yang tak bisa digantikan oleh teknologi. Bahkan, Rolex dapat dikatakan telah menjadi ikon untuk beberapa model jam tertentu yang telah diikuti oleh produsen jam lainnya. Jadi, sangat wajar jika harga Jam tangan Rolex original memiliki valuasi yang tinggii dan lebih stabil dibandingkan jam lainnya.

3. Memakai Material Berkualitas Tinggi

Tak heran jika produsennya menawarkan harga jam tangan Rolex original dengan valuasi yang baik, karena Rolex telah disematkan material stainless steel dengan grade 904L. Grade Stainless steel ini mengindikasikan tingkat kekuatan jam terhadap karat yang tinggi, tidak korosif, serta tidak menimbulkan lubang. Oleh karena itu, jam tangan Rolex asli dapat dikatakan mempunyai ketahanan yang sangat dibutuhkan oleh penyelam.


Rolex telah memproduksi berbagai macam pilihan material yang dibutuhkan untuk pembuatan produk jam tangan in house. Inilah alasan kenapa harga jam tangan Rolex asli lebih tinggi dibandingkan beberapa brand lainnya. Bahkan demi mempertahankan kualitas jam tangannya, Rolex telah memproduksi emasnya sendiri. Pasalnya emas dari Rolex ini terbuat dari material yang sangat luar biasa, serta telah melewati kontrol kualitas yang terbaik. Luar biasanya lagi, Rolex merupakan satu-satunya produsen jam yang memproduksi emasnya sendiri.

4. Telah Melewati Proses Penelitian Secara Detail

Alasan harga jam tangan Rolex asli mahal berikutnya ialah jam tangan ini sudah melewati tahapan proses penelitian secara detail. Hal tersebut bertujuan agar jam tangannya tetap berkualitas terbaik. Rolex mempunyai departemen penelitian sekaligus pengembangan internal secara mandiri.


Tingginya valuasi harga jam tangan Rolex original lainnya ialah karena fitur handal yang dimiliki Rolex. Jam tangan ini dibuat melalui gerakan mekanis yang dikenal juga dengan istilah automatic movement. Semua pergerakan jam tangan ini biasanya dilakukan dengan cara mekanik dan tanpa memakai bantuan listrik. Pada pembuatan produk jam tangan mekanis dengan cukup rumit serta membutuhkan harga bahan material yang cukup fantastis. Inilah yang menjadikan kualitas dan harga jam tangan Rolex asli yang bernilai jual tinggi hingga peminatnya sangat banyak.

5. Telah Mendapat Sertifikat COSC

Harga jam tangan Rolex asli yang mahal juga dikarenakan jam tangan ini telah mendapat sertifikasi COSC (Contrôle Officiel Suisse des Chronomètres). COSC adalah Lembaga independen dengan wewenang dapat menguji tingkat akurasi gerakan jam. Produk jam yang sudah menerima sertifikat COSC ini dipastikan mempunyai akurasi tinggi.

Bahkan sejak 2015 Rolex telah melakukan sertifikasi sendiri yang melebihi COSC, yaitu Superlative Chronometer Certification yang memastikan bahwa pada setiap Rolex hanya akan bertambah atau berkurang 2 detik per-harinya. Sangat wajar rasanya jika produsen membandrol harga jam tangan Rolex asli yang tinggi.

Itulah 7 kelebihan sekaligus alasan kenapa harga jam tangan Rolex asli yang sangat diminati karena valuasinya stabil. Dengan kualitas, fitur, dan bahan terbaik yang disematkan pada jam tangan Rolex, rasanya sebanding dengan harga jam tangan Rolex asli yang ditawarkan.