TIMEOLOGY

[Panduan] Jam Tangan Rolex Asli atau Palsu

Sebagai jam tangan terkemuka yang mewah dan harga yang cukup tinggi, tentu saja siapapun tak mau tertipu saat ingin membeli jam Rolex asli. Hanya saja, tingkat popularitas yang tinggi membuat beberapa pihak tidak bertanggung jawab menjual jam tangan Rolex Palsu. Cara paling mudah untuk mengetahui keaslian jam tangan Rolex adalah dengan melihat harga jam Rolex asli . Selain itu, penting juga memahami parameter lainnya untuk mengetahui jam Rolex asli, agar tak mudah tertipu.

Tips Mengetahui Jam Tangan Rolex Asli atau Palsu

Terdapat beberapa cara untuk mengetahui jam Rolex asli atau palsu. Tidak hanya pada Rolex Submariner 116613LB, cara-cara berikut juga dapat digunakan sebagai pedoman untuk membuktikan keaslian dari model jam Rolex lainnya. Berikut ini ulasan tentang cara mengetahui jam Rolex asli atau palsu, termasuk perbedaan harga jam Rolex asli dan palsu yang perlu kamu ketahui :

1. Mengenal Ciri-Ciri Jam Rolex Asli Vs Palsu

Pertama-tama silahkan cek case back atau bagian belakang untuk mengetahui beberapa ciri dari jam Rolex asli dan palsu. Karena, Rolex memiliki ciri-ciri bagian belakang yang cenderung sangat distingtif. Bahkan biasanya sulit ditiru oleh versi produk counterfeit-nya. Seluruh case back jam Rolex hadir dengan fitur smooth metal case back yang memiliki finishing seperti tekstur bergaris atau dikenal dengan istilah satin finishing.

Sementara pada bagian case back jam Rolex palsu biasanya tampak sangat halus, dibuat bermodelkan clear case, sehingga menampilkan bagian dalam pada mesin. Apabila kamu menjumpai jam Rolex yang memiliki see through case back serta terdapat tulisan, ini dapat dipastikan bahwa jam tangan ini merupakan jam tangan Rolex palsu. Jadi, selain melihat harga jam Rolex asli yang sudah pasti lebih mahal, kamu juga harus mengecek ciri-cirinya untuk memastikan keaslian jam tersebut.

2. Kualitas Material Logam dan Berat Jam

Kamu juga bisa melihat ciri-ciri jam Rolex asli dengan melihat kualitas materialnya, dimana kualitas material ini secara langsung berpengaruh pada berat jam ketika dipakai. Seluruh jam Rolex asli tentu saja dibuat dari bahan material logam seperti platinum,stainless steel, atau emas.

Biasanya Rolex palsu hanya memakai emas sebagai lapisan saja dan gampang dikenali berdasarkan penampakan material serupa logam yang ada di bagian bawah lapisan bahan emasnya. Jadi, apabila kamu menemukan ciri-ciri ini maka Rolex tersebut dipastikan palsu. Selain itu, dari beratnya, jam tangan palsu umumnya lebih ringan.

3. Letak Serial Number dan Case Number

Untuk jam Rolex asli dengan tahun produksi di bawah tahun 2005, biasanya case number-nya memiliki ukiran yang bisa dilihat diantara lugs pada posisi angka 12. Sedangkan untuk serial number-nya sendiri diantara lugs pada posisi angka 6. Selain itu, pada produk jam Rolex asli produksi di atas tahun 2005, biasanya case dan serial number-nya terletak di bezel bagian dalam dan tepatnya pada posisi angka 6.

Akan tetapi, entah itu pada Rolex versi baru maupun lama, biasanya ukiran case dan serial number pada jam Rolex asli akan tampak sangat jelas dan memiliki font konsisten. Sedangkan untuk Rolex palsu, biasanya engraved number akan terlihat pudar serta ketebalan ukirannya tampak tidak konsisten.

4. Kualitas Lume

Pada jam tangan Rolex yang memiliki fitur Lume, kamu bisa mengecek indikator kualitas dari luminous material untuk mengetahui apakah jam tersebut jam Rolex asli atau palsu. Kualitas pada fitur lume jam Rolex asli ini bisa menyala sangat terang dalam kegelapan. Sedangkan pada jam Rolex palsu, biasanya fitur ini tak bekerja dan hanya terlihat warnanya saja yang redup.

Sebagai catatan hal tersebut tidak berlaku untuk jam Rolex versi lama yang masih menggunakan lume yang dapat mati. Sekitar tahun 50-an, produsen jam menggunakan radium sebagai bahan untuk membuat fitur lume. Akan tetapi, bahan radium ini diketahui sangat berbahaya dan akhirnya penggunaannya dihentikan. Setelah itu, produsen jam menggunakan litium sebagai pengganti radium dengan kekuatan paling tahan sampai 15 tahun. Hingga saat ini, produsen jam telah berinovasi dan berhasil menggunakan luminova dan super luminova yang pijarnya tidak akan pernah habis.

6. Harga Jam Rolex Asli di Pasaran

Kamu juga bisa mengetahui jam Rolex asli dengan mengecek harga jam Rolex asli di web resmi Rolex. Silakan cari harga jam Rolex asli dari model jam yang dicari, kemudian bandingkan harganya dengan harga jual jam tersebut.

Meskipun jam Rolex yang ingin dibeli merupakan versi second, jika produknya asli, biasanya harganya tak akan turun drastis dari harga yang terbarunya.

7. Crown

Silakan cek bagian crown yang terletak di samping jam tangan. Rolex palsu biasanya mempunyai crown sedikit kasar dan sulit ditutup rapat. Sedangkan yang original umumnya mudah ditutup rapat. Selain itu, perhatikan juga jarum pada saat kamu mengatur waktu. Pada Rolex original, jarum akan berputar dengan lancar dan tidak terlihat longgar, lain halnya pada jam Rolex palsu.

8. Sapphire Glass

Pada Rolex original, kamu akan menemukan logo mahkota Rolex terukir tepat di angka 6 pada kacanya untuk jam di atas tahun 2003. Pada Rolex original, ukiran logo mahkota Rolex tersebut terukir dengan pas dan tidak terlalu tebal, sehingga tidak mengganggu legibilitas dialnya.

Pada Rolex asli, logo mahkota tersebut baru akan terlihat jika diperhatikan dengan seksama. Oleh karena itu, jika pada angka 6 kamu dapat melihat ukiran logo mahkota Rolex dengan sangat jelas, dapat dipastikan bahwa jam Rolex tersebut palsu.