TIMEOLOGY

5 Cara Merawat Jam Tangan Mewah

Jam tangan stainless steel adalah salah satu material jam yang banyak dipilih karena sifatnya yang fleksibel. Sebab jam tangan stainless steel sendiri cenderung ideal dikenakan untuk melakukan rutinitas sehari-hari, baik untuk acara formal maupun non formal. Dengan memakai jam tangan ini, kamu bisa menggunakannya saat pergi hangout ataupun ke kantor.

Tak hanya itu saja, jam tangan berbahan stainless steel juga lebih awet dipakai jika dibandingkan jam tangan berbahan lainnya. Sebagai contoh, jam tangan kulit memiliki sifat yang lebih tidak tahan lama dibandingkan jam tangan stainless steel. Namun tentu saja hal tersebut tetap perlu dimbangi dengan cara merawat jam tangan yang tepat. Jika kamu merupakan salah satu pengguna jam tangan berbahan stainless steel, kamu cukup membersihkan jam tangan tersebut jika terkena goresan dan kamu dapat menggunakannya dalam waktu yang lama.

Walaupun jam tangan stainless steel menawarkan beberapa kelebihan, namun tetap saja ada kekurangan yang bisa kita jumpai saat menggunakan jam tangan ini. Seperti salah satunya, jika kulitmu rentan mengalami iritasi, bisa saja jam tangan stainless mengiritasi kulit tanganmu.

Selain itu, kekuatan jam tangan ini juga tergantung dari bagaimana cara merawat jam tangan yang kamu lakukan. Inilah yang harus diperhatikan saat memiliki jam tangan stainless steel.

Bagaimana Cara Merawat Jam Tangan Stainless Steel?

Bagi kamu para pengguna baru jam tangan stainless steel, berikut adalah langkah – langkah cara merawat jam tangan berbahan stainless steel dengan benar:

1. Bersihkan Jam Tangan Rutin

Cara merawat jam tangan yang pertama adalah memastikan kondisi bagian luar pada jam tanganmu tetap bersih agar kotoran yang ada diluar jam tidak masuk ke bagian dalam. Kamu bisa menyeka jam tanganmu untuk membersihkan kotoran dan debu secara rutin.

Selain debu, kamu juga harus memastikan untuk menghilangkan kelembaban pada jam yang diakibatkan oleh keringat. Apabila jam tanganmu tidak mempunyai fitur water resistant misalnya, kamu dapat memakai kain lap yang lembut dan kering untuk membersihkan jam tangan stainless steel. Sementara, pada jam yang bersifat water resistant, kamu bisa membersihkannya memakai kain lap yang lembut dan lembab.

2. Bersihkan Bagian Strap Jam

Selain case pada jam yang wajib dibersihkan, cara merawat jam tangan yang tak kalah penting adalah membersihkan strapnya. Terutama mengingat bahwa strap jam biasanya langsung bersentuhan dengan kulitmu yang mungkin saja berkeringat.

Pada jam tangan stainless steel sebaiknya bersihkan memakai sikat kecil yang halus supaya sisa-sisa keringat dan kotoran yang menempel di celah-celah tali dapat terangkat.

3. Simpan Jam Tangan dengan Baik

Cara merawat jam tangan dengan benar lainnya untuk jam stainless steel ini adalah dengan menyimpan jam tangan dengan baik dan benar.

Kamu mungkin mempunyai beberapa jam tangan yang digunakan secara bergantian. Oleh karena itu, dengan menyimpan jam di area yang tidak lembab dan kering bisa memperpanjang usia pemakaian jam itu sendiri.

4. Mengetahui Fungsi Water Resistant Pada Jam Tangan

Tak semua produk jam tangan menawarkan fitur water resistant. Jika jam kamu mempunyai fitur ini, perlu diingat bahwa tiap jam tangan water resistant memiliki tingkatan yang berbeda.

Pada umumnya, cara merawat jam tangan ini terbilang cukup mudah. Sebaiknya hindari kontak langsung dengan cairan yang berbahan kimia, misalnya seperti minyak, cologne, parfum, dan lainnya.

5. Ganti Baterai dan Servis Berkala

Cara merawat jam tangan selanjutnya adalah mengganti baterai dan servis berkala. Kebanyakan jam tangan memiliki usia mulai dari 3-4 tahun lamanya.

Untuk nyawa baterai sendiri biasanya tergantung dari beberapa hal seperti kondisi, usia penggunaan, serta tipe jam itu sendiri. Dengan banyaknya fungsi pada jam, maka semakin sering kamu harus mengganti baterainya.

Oke, itulah 5 cara merawat jam tangan berbahan stainless steel yang perlu kamu perhatikan agar jam tanganmu tetap awet dan memiliki usia pemakaian panjang.