TIMEOLOGY

Will I Watch: Konstantin Chaykin Mars Conqueror MK3

Prediksi Masa depan Jam Mewah di Mars

Belakangan ini, banyak pembahasan bahwa manusia akan menjadi spesies antar-planet. Elon Musk dengan roket SpaceXnya telah menjadi pionir kolonisasi Mars dengan target mengirimkan orang pertama ke Mars di tahun 2026. Negara adidaya seperti Amerika, Uni Soviet, dan China juga telah mengirimkan Rover untuk mengeksplorasi Planet Mars. Dengan banyaknya negara maju dan perusahaan privat yang bersentimen positif serta mempunyai aspirasi maju yang sama tentang kolonisasi Mars, mimpi untuk menggapai masa depan seperti ini seperti tinggal menunggu waktu saja.

Instrumen waktu yang akurat pun diperlukan untuk perhitungan dan kalkulasi waktu. Seperti pada halnya Omega Speedmaster Moonwatch, yang identik digunakan dan dipakai oleh para Astronot pada misi Apollo menuju bulan. Untuk kita para pecinta jam, tentu ingin membawa jam tangan favorit jika memang nantinya akan berangkat atau mungkin pindah ke Mars. Namun, jika kita memakai instrumen waktu seperti jam tangan yang kita pakai pada umumnya tentu tidak bisa. Hal tersebut dikarenakan waktu sehari di Mars tidak sama dengan waktu sehari di Bumi.

Menurut NASA, satu hari penuh di Mars adalah 24 jam 37 menit, hampir menyerupai satu hari penuh di Bumi. Namun, jika kita perlu nilai akurasi untuk mengukur atau mengkalkulasi waktu, menggunakan jam-jam standar pasti tidak akan dapat diandalkan karena satu hari kita mengacu terhadap poros putar Bumi yang adalah 24 jam.

Memperkenalkan Konstantin Chaykin Mars Conqueror MK3

Disinilah, Konstantin Chaykin, watchmaker asal Rusia membuat jam tangan khusus untuk dapat mengukur waktu di Mars dengan Konstantin Chaykin Mars Conqueror MK3. Rusia, negara pecahan Uni Soviet ini, sejak dulu telah berlomba dengan Amerika Serikat untuk menjadi pelopor eksplorasi luar angkasa. Tidak heran, jika jam tangan Mars juga dipelopori oleh bangsa Rusia sendiri. Seri Mars Conqueror, yang memiliki arti penakluk Mars, dibuat khusus oleh Chaykin sebagai langkah dasar membangun teknologi peradaban manusia untuk digunakan dalam menaklukkan luar angkasa.

Konstantin Chaykin Mars Conqueror MK3 ini adalah generasi ke 3 dari seri Mars Conqueror. Pada saat ini, seri tersebut juga adalah satu-satunya tipe yang sudah habis dijual di publik dengan total 8 unit menurut situs resmi www.chaykin.ru. Prototipe akhir Mars Conqueror generasi pertama atau MK1 dibuat pada tahun 2018 dengan mempunyai indikator waktu Bumi dan Mars sama seperti pada MK3. Perbedaannya terletak pada satu subdial tambahan pada MK1 yang mengindikasikan jarak lokasi Bumi terhadap Mars. Untuk MK2 sendiri, meskipun terdapat desain yang telah dibuat, tetapi prototipenya tidak pernah dibuat.

Perjalanan Jam Mars Hingga Saat Ini

Seperti yang dinyatakan oleh Konstantin sendiri, instrumen waktu pertama yang dibuat untuk Mars adalah Space Clock Mars oleh I.M Levitt pada tahun 1954 untuk menunjukkan waktu Bumi dan Mars secara bersamaan. Sedangkan untuk jam tangan Mars sendiri, pertama dibuat oleh Garo Anserlian pada 2004 dan digunakan oleh insinyur NASA sewaktu mengendarai Martian Rovers Spirit dan Opportunity.

Seiring berkembangnya zaman, perkembangan jam Mars pun semakin matang. Mars Conqueror dapat menunjukkan waktu Bumi dan Mars secara bersamaan dengan menggunakan satu buah movement yang sama di dalamnya. Inilah komplikasi unik yang berhasil dicapai oleh Chaykin, yaitu sinkronisasi waktu Bumi dan Mars.

Sinkronisasi ini dapat tercapai karena sistem roda gigi yang lazim dipakai di jam pada umumnya dapat di transisi ke sistem roda gigi waktu Mars. Hal tersebut dilakukan dengan perkembangan roda gigi ke 2 level, dengan 109 roda gigi di level pertama dan 112 roda gigi di level kedua. Sistem 112/109 gigi ini tentunya telah dipatenkan oleh Konstantin Chaykin sendiri. Pencapaian ini memastikan akurasi waktu Mars dengan deviasi 2.7 detik yang dianggap akurat dan lulus sertifikasi COSC karena di bawah deviasi harian, yaitu di antara -4 sampai +6 detik per hari.

Fungsi, Kegunaan, Wearability

Jam ini menunjukan 3 jenis waktu. Waktu lokal pada piring dial utamanya. Waktu UTC pada sub-dial atasnya dan bintang utamanya adalah waktu Mars pada sub-dial bawahnya. Selain daripada fungsinya yang menarik, Mars Conqueror ini mempunyai vertical crown, maksudnya, adalah dimana lazimnya crown berada di samping case jam di angka 9, crown ini letaknya di sisi yang sama dengan dial menghadap ke atas.

Sejatinya, sewaktu jam ini dipakai, pemakai akan menggunakan spacesuit, dan ketebalan spacesuit akan mengganggu deksteritas jari jika sewaktu-waktu ingin men-setting jam, karena itu crown-nya dibuat relatif besar dan diposisikan di sisi dial menghadap keatas.

Wearability – 55.82mm wide, 48mm tall, 15.3mm height. Ukurannya sepertinya cukup besar ditangan tapi walaupun belum pernah memakainya. Saya mempunyai lingkar tangan yang relatif besar, untuk memakai Panerai Luminor ukuran 47mm masih sesuai, jadi kelihatannya ini pun secara fit relatif pas di lingkar wrist saya.

Kenapa Konstantin Chaykin Mars Conqueror MK3 Menjadi Pertimbangan Will I Watch?

Saya merasa membahas Konstantin Chaykin Mars Conqueror pada Will I Watch pertama adalah pilihan yang tepat. Tidak hanya karena eksplorasi ke Mars adalah pencapaian yang hebat, tetapi juga dapat membuka lembaran baru bagi majunya peradaban manusia.

Bukan hal mengejutkan lagi jika suatu saat nanti akan ada penamaan khusus untuk era sebelum Mars dan era sesudah Mars, seperti penghitungan tahun pada saat ini yang menggunakan ‘sebelum’ dan ‘sesudah’ masehi. Artikel Will I Watch ini memang ditujukan untuk membahas jam yang sangat unik, berbeda dari biasanya, dan tidak dikenal bebas.

Will I Watch The Konstantin Chaykin Mars Conqueror MK3?

Walaupun minim kemungkinan saya akan berada di Mars dan membutuhkan instrumen penunjuk waktu Mars, fungsinya yang dapat menunjukan dual timezone di Bumi pun sangat berguna seperti pada jam tipe GMT lainnya.

Meskipun jam ini tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya jika dikenakan di Mars, tetapi jika memakai jam tersebut menurut saya adalah poin plus dan merupakan refleksi kepribadian yang saya dapat banggakan dan perlihatkan ke orang sekitar bahwa saya mengikuti perkembangan zaman dan punya aspirasi terhadap masa depan kita di luar angkasa. Ditambah lagi dengan kecintaan saya terhadap eksplorasi luar angkasa dan perkembangan teknologi antariksa, tentu saja I Will Watch!

Details and images by: chaykin.ru.